Installasi LAMP di Server Debian 8.6 jessie


Instalasi LAMP di Server Debian 8.6 Jessie


 Assalamualaikum wr.wb

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tutorial tentang instalasi LAMP singkatan dari Linux, Apache MySQL, dan PHP. setelah ada tutorial ini diharapkan pembaca mampu melakukan instalasi dan konfigurasi LAMP pada server masing-masing. sebelum membahas langkah-langkah kerja instalasi LAMPterlebih dahulu kita karus menetahui penertian dan seluk beluk LAMP.

1. Pengertian

LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.
Komponen-komponen dari LAMP :
2. Latar belakang

Untuk memenuhi kebutuhan server maka dibutuhkan LAMP Server yang akan melayani melalui web browser dan berperan sebagai web browser. selain itu server lebih rinan pengoperasiannya saat menggunakan LAMP daripada sistem operasi dalam server yang lainnya.

3. Maksud dan tujuan

 Untuk membuat konfigurasi dasar agar server yang telah dibuat dan di konfigurasi dapat digunakan untuk melayani pengguna atau client melalui web browser.

4. Jangka waktu pelaksanaan

Dalam konfigurasi LAMP memerlukan waktu 1 hari

5. Alat dan bahan
  • PC/Laptop
  • Koneksi internet
  • Server

6. Tahap pelaksanaan
  1. Pastikan di server telah terinstall sistem operasi
  2. lalu masuk ke terminal kita remote server dengan peritah "ssh user_name@ip server" . misalnya (ssh bima@192.168,105.3) tekan enter
  3. sebelum menginstall sebaiknya kita update terlebih dahulu dengaan perintah "apt-get update"
  4. lalu kita install apache2 nya dengan perintah "apt-get install apache2"
  5. selanjutnya kia cek ke browser masukan pada url ketikkan perintah localhost (localhostnya ditulis ip servernya)pada url kita,,tampilannya akan seperti ini.
  6. setelah apache2 nya terinstall, selanjutnya kita install php nya dengan perintah "apt-get install php5 php5-mysql php5-gd php5-json php5-mcrypt php5-xmlrpc php5-cli php5-intl php5-curl php-pear php5-imagick"

  7. setelah terinstall Untuk mengetahui PHP-extention apa saja yang sudah terinstall kita buat file baru pada folder root server dengan perintah " nano /var/www/html/info.php"
  8. setelah masuk ketikkan program berikut, lalu kita cek di browser


  9. lalu kita install mysql namun kali ini saya menggunakan mariadb dan anda tidak perlu khawatir karena mariadb adalah penggganti dari mysql.perbedaannya hanya pada mariadb terdapat beberapa perbaikan dengan beberapa tambahan perbaikan bug, mesin penyimpanan tambahan, fitur baru, dan perbaikan kinerja., ketik perintah " apt-get install mariadb-server"


  10.  lalu kita isi passwordnya dua kalli


  11. lalu kita configurasi mariadb nya dengan perintah "mysql_secure_installation"kita tekan enter saja (Y/n)
  12. jika sudah kita install phpmyadminnya, ketikkan perintah " apt-get install phpmyadmin"
  13. pilih apace2 , tekan enter
  14. kita pilih yes
  15. jika sudah kita install kita cek di  web browser, ketikkan perintah "ip_server/phpmyadmin"
  16. berhasil.

7. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP 
https://kurniatkja.blogspot.co.id/2016/11/installasi-lamp-di-server-debian-86.html


Wassalamualaikum wr.wb


Previous
Next Post »